Obat Kista Alami Herbal Ampuh Terbukti Aman DalimoGold

Ampuh Multi Khasiat Tersedia di Apotik

Penyakit kista adalah salah satu penyakit yang ditakuti. Karena itu bisa menyerang wanita atau laki-laki. Kista terbentuk dari kantung yang mempunyai selaput atau membran. Dalam kantung kista tersebut biasanya berisi cairan atau semi cairan (sedikit pekat). Kista biasanya bersifat jinak. Namun itu jangan dibiarkan saja karena akan membesar atau menyebar ke organ lain. Organ tubuh yang biasanya terdapat kista adalah ovarium (pada wanita), ginjal, bahkan ada yang terdapat di dalam otak.

Terdapat berapa istilah lain yang sering kali membingungkan dengan kista, yakni:

  1. Abses - Abses adalah kantung yang juga diselubungi membran seperti kista, tetapi berisi nanah (pus). Abses merupakan suatu infeksi, sedangkan kista bukan infeksi. Namun bila kista terinfeksi bakteri dan berkembang nanah, maka kista akan menjadi abses. Abses umumnya bersifat nyeri dan teraba panas, sedangkan kista tidak nyeri dan tidak panas.
  2. Pimple atau jerawat - Pimple atau jerawat merupakan kelainan kulit yang muncul akibat sumbatan kelenjar minyak. Pimple atau jerawat biasanya terdapat hanya pada kulit yang mengandung banyak kelenjar keringat seperti wajah dan punggung. Pimple atau jerawat biasanya meradang, tampak kemerahan, dan nyeri, sedangkan kista tidak.
  3. Papul atau nodul - Papul atau nodul lesi atau kelainan kulit dengan konsistensi padat dan umumnya berbentuk kubah. Isi dari papul atau nodul adalah jaringan kulit.
  4. Pseudokista - Pseudokista menyerupai kista yang biasanya tampak pada pemeriksaan radiologi tetapi sebenarnya tidak memiliki membran yang sempurna. Pseudokista umumnya terbentuk pada organ dalam tubuh, seperti ginjal, pankreas, dan mata. Pseudokista terbentuk akibat gangguan pada organ bersangkutan atau bisa juga disebabkan oleh infeksi parasit.
  5. Lipoma - Lipoma adalah kantung yang berisi lemak sehingga ada yang mengatakan bahwa lipoma adalah kista-lemak. Pada umumnya, kista berbentuk lebih bulat dibandingkan lipoma dan kista teraba lebih lunak sedangkan lipoma lebih kenyal.
  6. Tumor - Tumor adalah pertumbuhan abnormal dari jaringan tubuh. Jadi tumor terbentuk dari jaringan tubuh, sedangkan kista hanya berupa kantung membran dengan isi cairan.

Dibawah ini adalah beberapa kista yang umum ditemui antara lain:

  • Kista sebasea, yaitu kista pada kelenjar keringat.
  • Kista epidermis atau kista infundibular, yaitu kista pada lapisan kulit. Kista ini terbentuk dari perkembangan sel lapisan terluar kulit ke arah dalam dan membentuk kantung. Kista ini mengandung keratin (sel kulit mati).
  • Kista bartolin, yaitu kista pada daerah sekitar muara vagina. Pada muara vagina bagian luar tersebut terdapat kelenjar Bartolin yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan senggama. Kelenjar tersebut sering tersumbat akibat hieginitas yang kurang baik sehingga dapat terbentuk kista.
  • Kista bartolin juga sering mengalami infeksi sehingga biasanya penderita datang dengan kista yang telah mengandung nanah.
    Kista ovarium, yaitu kista pada organ ovarium wanita.

Kista ovarium adalah salah satu bentuk kista yang sering ditemukan pada wanita. Kista ovarium ialah terbentuknya kista di dalam organ ovarium. Data menunjukkan hampir semua perempuan usia produktif pernah mengalami atau saat ini memiliki kista ovarium.

Kista dapat berukuran kecil sebesar biji jagung hingga sebesar jeruk. Sekitar 95% kista ovarium bersifat jinak dan umumnya dapat menghilang dengan sedirinya tanpa tindakan pembedahan.

Terdapat dua tipe kista ovarium:

  • Kista ovarium fungsional atau disebut juga kista folikular, yakni kista yang terbentuk dari sel normal pada ovarium. Kista tipe ini muncul dan hilang seiring siklus menstruasi. Kista tipe ini aman dan merupakan jenis kista terbanyak yang ditemui.
  • Kista ovarium patologis, yakni kista yang terbentuk dari perkembangan jaringan ovarium yang abnormal. Kista ini umumnya juga tidak ganas.

2018-12-12