Obat Keloid Alami Ampuh Sudah Terbukti Aman DalimoGold

Ampuh Multi Khasiat Tersedia di Apotik

Keloid adalah penyakit yang timbul akibat adanya pertumbuhan jaringan ikat pada kulit yang tidak normal dan biasanya terjadi pada bekas luka atau operasi.Keloid bukan termasuk penyakit ganas namun sering sekali pertumbuhannya membuat tidak nyaman. Jaringan luka, yang juga dikenal sebagai jaringan fibrosa, tumbuh untuk memperbaiki dan memperbarui kulit setelah cedera. Namun, dalam beberapa kasus, jaringan luka tumbuh menjadi terlalu besar, sehingga timbul keloid.

Penyakit keloid pada umumnya disebabkan oleh kelebihan pertumbuhan jaringan yang dihasilkan tubuh saat regenerasi jaringan.Walaupun tidak membahayakan kesehatan, keloid biasanya menyebabkan masalah kecantikan dan estetika.

Perlu diingat bahwa ada beberapa pengobatan keloid yang menyebabkan keloid melebar, sehingga keloid terlihat semakin besar. Keloid tumbuh dalam proses pemulihan bekas luka; sehingga upaya untuk menghilangkan keloid dapat memicu jaringan luka untuk tumbuh kembali. Oleh karena itu, ada kemungkinan bekas luka kembali tumbuh menjadi terlalu besar dan membentuk keloid baru.

Penyakit keloid ini walaupun berisiko, obat-obatan serta tindakan pengobatan untuk penghilangan keloid masih tersedia. Beberapa metode pengobatan keloid yang paling umum adalah:

Cyrotherapy atau pembekuan ñ Cyrotherapy menggunakan nitrogen cair untuk memicu kerusakan sel. Efek samping dari terapi ini adalah hilangnya zat warna kulit (depigmentasi) dan nyeri selama tindakan. Risiko keloid tumbuh kembali adalah 61-74%.

Tindakan laser - Penggunaan laser memiliki beberapa keuntungan karena laser bersifat tepat sasaran dan tidak menyebabkan peradangan berlebih. Terapi laser memiliki beberapa metode: lampu kilat dengan laser pulse-dyed, laser karbon dioksida, laser argon, dan laser Nd:YAG. Ketiga laser ini memiliki cara yang berbeda untuk menghilangkan keloid. Laser Nd:YAG menghentikan produksi kolagen, sedangkan laser karbon dioksida dan laser argon bekerja dengan mengecilkan kolagen dengan panas dari sinar laser. Sementara itu, laser pulse-dyed akan memicu terjadinya trombosis mikrovaskuler. Ketiga perawatan laser ini dapat menghilangkan keloid, namun ketiganya memiliki risiko keloid tumbuh kembali sebesar 90%.

Operasi pengangkatan keloid - operasi pengangkatan keloid memiliki risiko kemungkinan keloid tumbuh kembali antara 45-100%. Dengan menggabungkan operasi dan pengobatan lain, seperti suntik kortikosteroid, suntik steroid, terapi sinar-X, dan radiasi dapat memberikan hasil yang lebih baik serta mengurangi risiko keloid tumbuh kembali.

Metode Pengobatan pada penyakit keloid

  • Penggunaan gel atau patch silikon
  • Suntik kortikosteroid untuk mengurangi peradangan
  • Radiasi untuk mengecilkan keloid
  • Penggunaan minyak pelembab untuk memperlunak jaringan

Dalam metode pengobatan lainnya, metode pengobatan yang disebutkan di atas dapat menyebabkan efek samping. Sebagai contoh, suntik kortikosteroid dapat menyebabkan penyusutan jaringan kulit (atrofi kulit), hipopigmentasi, telangiectasia, ulkus akibat kematian jaringan (necrosis ulceration), dan munculnya bercak putih di bekas luka. Efek samping tersebut dapat dicegah dengan memberikan dosis suntikan yang sesedikit mungkin.

2018-8-15
Disclaimer : Reaksi dapat berbeda-beda pada setiap individu, tergantung tingkatan penyakit, situasi tubuh, usia, jenis kelamin dan jumlah produk yang digunakan.